Eropa Dukung Produksi Minyak Sawit Indonesia

JAKARTA – The European Palm Oil Alliance (EPOA) atau Aliansi Minyak Sawit Eropa berkomitmen untuk mendukung produksi minyak sawit berkelanjutan dan mempromosikan sertifikasi minyak sawit Indonesia.

Namun EPOA meminta keterbukaan dari para pemangku kepentingan Indonesia terkait pengelolaan sawit lestari. Pernyataan itu disampaikan sejumlah aliansi negara Eropa di antaranya dari Belanda, Prancis. Polandia dan Inggris pada Palm Oil Stakeholders Meeting di Pekan Baru, Riau, belum lama ini.

Dalam pertemuan itu, para pemangku kepentingan sawit seperti Badan Pengelola Dana Perkebunan Sawit (BPDP), Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Luar Negeri, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) dan Pemerintah Provinsi Riau hadir untuk memberi masukkan.

Programme Manager Palm Oil Aliance EU Margot Logman mengatakan, persoalan yang dihadapi setiap negara di Eropa terkait kampanye negatif sawit berbeda.

“Ada yang mem-persoalkan sawit sebagai komoditas yang tidak sehat. Ada juga yang mempersoalkan penanaman sawit Indonesia mengakibatkan kerusakan lahan, serta tidak sedikit yang mempersoalkan masalah kebakaran yang terjadi pada pemanfaatan lahan sawit di gambut,” ujar Logman dalam siaran persnya.

Karena persoalan di tiap negara berbeda, Logman mengharapkan, para pemangku kepentingan di Indonesia bisa memberikan gambaran yang jelas terutama terkait penanaman sawit berkelanjutan agar kampanye aliansi sawit Eropa bisa efektif.

Sumber: www.okezone.com

769 total views, 4 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *