Bupati Sergai Buka Sosialisasi Replanting Kebun Kelapa Sawit

Sergai – Guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani kelapa sawit dalam praktik budidaya yang menjamin peningkatan produksi, Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) bersama Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) menggelar kegiatan Sosialisasi Program Peremajaan (Replanting) Kelapa Sawit di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah.

Mengawali sambutannya saat membuka sosialisasi tersebut, Bupati Sergai Soekirman menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Apkasindo dari pusat hingga daerah atas perhatian dan dukungannya, karena ikut mensukseskan visi Kabupaten Sergai menjadi kabupaten yang unggul dengan memberi perhatian pada komoditi kelapa sawit. “Kelapa sawit merupakan komoditas yang memberikan kontribusi devisa paling besar. Sangat disayangkan jika banyak lahan milik petani yang ratarata sudah tua dan tidak produktif lagi,” katany seperti siaran pers yang diterima redaksi medansatu.com, Senin (7/11/2016).

Disamping tanaman kelapa sawit milik petani umurnya sudah melampui umur ekonomis, terdapat pula tanaman pekebun swadaya yang produktivitasnya rendah, yang salah satu penyebabnya adalah penggunaan bibit non-serti−kat, karenanya sudah seharusnya lahan milik petani itu dilakukan peremajaan (replanting). Sebelumnya Sekjen Apkasindo Pusat Asmar Arsyad menyampaikan, dana replanting BPDP-KS berasal dari pungutan CPO dan turunannya yang diekspor keluar negeri.

Pendanaan replanting sekitar Rp 25 juta atau 41 persen dari total biaya replanting per hektare yang diberikan secara hibah. Sedangkan sisanya, petani mendapat kredit murah lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR). Tahap pertama, dana hibah yang digulirkan senilai Rp 376 miliar untuk meremajakan sawit di lahan seluas 15.060 hektar. Sementara target replanting di tahun 2016 seluas 48.000 hektar.

Sumber : MEDANSATU.COM

2,680 total views, 2 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *