70% Produk Kelapa Sawit Sumsel Diekspor

Palembang – Sekitar 70% produk kelapa sawit Sumatera Selatan (Sumsel) sekarang diekspor. Sedangkan, 30% lagi untuk kebutuhan domestik, atau dalam negeri.

Anggota Komisi II DPRD Sumatera Selatan Robby B Puruhita menyampaikan hal itu terkait dengan kunjungan kerja komisi tersebut ke Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit di Palembang, Jumat (15/9).

Menurut dia, ke depan, kalau bisa, produk kelapa sawit yang diperuntukkan di dalam negeri lebih besar daripada diekspor. Hal itu perlu dilakukan supaya bisa bargaining (tawar) harga produk kelapa sawit tersebut.

“Dengan begitu, soal harga produk kelapa sawit bisa diatur,” kata Robby.

Karena itu, lanjut dia, ke depannya, produk kelapa sawit kalau bisa dialihkan lebih banyak ke dalam negeri saja daripada diekspor.

Sementara itu, mengenai kunjungan kerja Komisi II DPRD Sumsel ke Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, mereka ingin supaya dana-dana yang tersedia juga diberikan kepada daerah yang merupakan penghasil kelapa sawit.

“Kami ingin daerah juga bisa mendapatkan dana itu, terutama di daerah yang merupakan penghasil kelapa sawit,” ujarnya.

Apalagi, Sumatera Selatan merupakan salah satu daerah penghasil kelapa sawit yang lahannya cukup luas, sekitar 1 juta hektare. Sentra perkebunan kelapa sawit di Sumsel antara lain di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ilir, Musibanyuasin, dan Banyuasin, termasuk di Kabupaten Musirawas./MUS

Sumber: Beritasatu.com

376 total views, 2 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *