Agar Profesional, Apkasindo Latih 50 Petani Rohul

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) wilayah Rokan Hulu (Rohul) merekrut sekira 50 petani kelapa sawit dari 16 kecamatan untuk dilatih menjadi petani profesional.

“Kita rekrut petani sawit dari seluruh kecamatan, tergantung luas lahan kelapa sawit di kecamatannya,” jelas Ketua Apkasindo Rohul di Pasirpangaraian, H. Ardiman Daulay‎, Selasa (7/6/16).

Mantan anggota DPRD Rohul ini menerangkan pelatihan yang akan diberikan ke petani kelapa sawit diselenggarakan pada Juli 2016, didanai Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) kelapa sawit Indonesia. Dan sebagai instruktur didatangkan dari Institut Ilmu Perkebunan (Instiper), DI Yogjakarta.

Materi pelatihan diberikan, di antaranya cara replanting sawit, cara penumbangan, memilih bibit unggul, hingga perawatan tanaman, sehingga produksi buah sawit petani maksimal.

Pria yang juga menjabat Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Rohul ini menargetkan, dari pelatihan dilaksanakan Apkasindo, petani sawit di Rohul punya ilmu, sehingga produksi panen sawit bisa mencapai 36 ton per hektar per tahun.

Ardiman mengungkapkan, petani sawit di Rohul rata-rata belum punya skill di bidangnya. Diakuinya, banyak bibit yang ditanam ‎merupakan bibit liar, sehingga hasil produksi tidak maksimal.

“Kalau kita lihat di perusahaan atau plasma, lahan 1 hektar bisa menghasilkan 36 ton per tahun. Petani kita paling tinggi 1 hektar 12 ton per tahun,” ungkapnya kepada wartawan.

Ardiman mengharapkan setelah pelatihan nanti, 50 petani sawit wajib menularkan ilmunya ke petani sawit lainnya di desanya, sehingga seluruh petani sawit lebih sukses dan sejahtera ke depan.

“Ke depan Apkasindo Rokan Hulu akan terus mencerdaskan petani sawit, sehingga mereka sejahtera,” tandas Ardiman.***(zal)

Sumber: Riauterkini.com

452 total views, 4 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *