Apkasindo Berikan Beasiswa Khusus Anak Petani Sawit di Babel

BANGKA— Para anak petani sawit di daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) saat ini tak perlu risau jika memiliki cita-cita ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi setelah lepas pendidikan SLTA/SMA atau sederajat.

Pasalnya Badan Pengelolah Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS) justru memberi kesempatan seluas-luasnya khusus bagi para anak petani sawit di Babel yakni berupa tawaranbeasiswa Diploma 1 tahun (D-1) secara gratis.

Demikian hal itu disampaikan langsung oleh ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Provinsi Babel, H Alpian Arahman, Senin (12/6/2016) pagi ditemui di sekretariat APKASINDO Provinsi Babel di kawasan jalan Lumba-Lumba No 178, lingkungan kelurahan Gabek Kota Pangkalpinang.

Program beasiswa gratis pendidikan D-1 yang digelontorkan pada tahun 2016 ini yakni tak lain merupakan program kepedulian pendidikan oleh pihak BPDP yang ditindaklanjuti oleh pihak DPW APKASINDO di Babel.

Dijelaskanya tawaran mengikuti program beasiswa pendidikan D-1 gratis di Instiper Jogjakarta itu saat ini sudah mulai saat ini justru telah dibuka pihaknya.

“DPW Apkasindo Provinsi Babel mulai hari ini telah menerima pendaftaran hingga 17 Juni 2016 nanti. Pendaftaran bisa langsung melalui sekretaris dan bendahara di nomor kontak 081373325302 dan 081273867333,” jelas Alfian didampingi sekretaris DPW APKASINDO Provinsi Babel, Jamaludin.

Bagi anak petani sawit di Babel memang berminat ingin mengikuti tawaran program beasiswa pendidikan D-1 gratis di Instiper Jogjakarta haruslah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

“Termasuk harus mengikuti ujian penerimaan mahasiwa baru Instiper Jogjakarta rencananya bakal diselenggarakan pada tanggal 20 hingga 25 Juni 2015 mendatang,” tegasnya.

Jika nanti terpilih atau lulus dalam mengikuti tes/ujian mengikuti program beasiswa gratis D-1 maka segala biaya selama mengikuti pendidikan termasuk kebutuhan berikut akomodasi ditanggung seluruhnya oleh pihak BPDP.

“Setelah lulus ujian para calon mahasiswa itu mulai mengikuti pendidikan diperkirakan pada bulan Juli 2016 mendatang. Lamanya pendidikan sekitar 10 hingga 12 bulan,” jelasnya lagi.

Ia menambahkan bagi anak petani yang berminat untuk dapat mengikuti program beasiswa D-1 gratis tersebut terlebih dahulu haruslah mendaftarkan diri secepatnya dengan melampirkan persyaratan administrasi sebagai berikut yakni foto kopi ijazah pendidikan terakhir (SMA/sederajat) semua jurusan, kelulusan SMA/sederajat terhitung 3 (tiga) tahun terakhir.

Selain itu membawa berkas administrasi lainnya berupa foto kopi buku raport (bagi pelajar yang belum menerima ijazah), pas foto ukuran 3 x 4 bewarna sebanyak 2 lembar, termasuk harus melampirkan berkas foto kopi kartu keluarga (KK) sebanyak 1 lembar. (rap)

Sumber: Tribunnews.com

1,489 total views, 2 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *