Berharap Akhir Tahun Menggembirakan

PERAWANG – Petani sawit swadaya berharap harga tandan buah segar (TBS) di akhir tahun kembali naik. Kenaikan harga TBS sangat didambakan bagi petani sawit swadaya. Pasalnya, harga sawit selalu tidak stabil, turun naik.

‘’Menutup tahun 2016 ini, petani swadaya sangat berharap harga kelapa sawit di atas harga normal,” harap salah satu petani sawit Perawang, Zulfan.

Menurutnya, selama 2016 ini, harga sawit pada petani swadaya lebih banyak turun, bahkan cukup lama berlangsung disertai masa trek buah. Hal ini membuat petani harus menanggung kerugian, karena untuk membeli pupuk harus berutang.

Hal senada juga dikatakan petani kelapa sawit lainnya Aljup. Dia berharap harga TBS tingkat petani sawit di akhir tahun ditutup dengan kenaikan harga. Dirinya juga berharap di awal  tahun baru 2017,harga sawit petani swadaya disambut dengan kenaikan harga.

‘’Kami sebagai petani swadaya, tentunya sangat berharap harga naik, paling tidak harga stabil. Karena kami harus menghadapi masa trek,’’ harapnya. (wik)

Sumber : riaupos.co

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *