Cangkang Sawit Atasi Krisis Listrik

Bengkulu – Kabar gembira bagi masyarakat di Kabupaten Mukomuko. Pasalnya, krisis listrik yang hingga saat ini, bakal berakhir.  Karena sudah ada investor yang akan berinvestasi  dan akan membangun pembangkit listrik tenaga bio gas dengan bahan baku cangkang sawit.

“Pihak investor dari negara Jepang, sudah siap. Tinggal lagi mendapatkan persetujuan dan kemudahan perizinan dari pemerintah daerah,” ujar Anggota DPRD Mukomuko, Ir Zulfahni, kemarin (29/8). Untuk lahan  pembangunannya juga  telah disiapkan oleh investor yang bersangkutan yang berlokasi di wilayah Kecamatan Ipuh. Pembangkit listrik itu dengan kapasitas sekitar 5 hingga 10 mega watt. Artinya krisis listrik di daerah ini dipastikan terselesaikan dan masyarakat akan merasakan listrik  menyala selama 24 jam/hari.  Dan ini juga nantinya akan bekerjasama dengan PT PLN. Selain itu, kata Zulfahni, pemerintah tidak dibebankan anggaran. Karena telah disiapkan investor yang bersangkutan. Penyelesaian pembangunannya hingga dapat dirasakan masyarakat  hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 tahun. Untuk perjanjian kerja pihak investor tersebut hanya meminta waktu selama 25 tahun.

“Jika perjanjian selama 25 tahun penggunaan pembangkit listrik tenaga bio gas rampung. Pemda Mukomuko berhak mengambil alih pengelolaannya. Untuk proses lainnya seperti Peraturan Daerah (Perda) akan dibahas lebih lanjut. Yang jelas saat ini kita menunggu  keputusan eksekutif. Dan telah saya sampaikan langsung kepada bupati,” ungkap Politisi PKPI itu. (900)

Sumber: Bengkulueksporess.com

517 total views, 6 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *