Dari Batubara Beralih Kepada Biomass Pellet Sawit

PT Toba Hijau Sinergi mengolah limbah tandan kosong sawit menjadi biomass pellet. Produk ini dapat menjadi sumber bahan bakar yang ramah lingkungan dan mengurangi emisi karbon.

Kelapa sawit adalah tanaman pembawa berkah bagi kehidupan manusia. Seluruh bagian tanaman sawit mulai dari buah, batang, daun sampai kepada akar memberikan manfaat begitu besar untuk diolah menjadi produk bernilai tambah. Begitupula dengan limbah padat kelapa sawit seperti tandan kosong yang sekarang dapat dijadikan sumber bahan bakar dalam bentuk biomass pellet.

Teknologi pengolahan limbah tandan kosong sawit telah dimulai PT Toba Hijau Sinergi semenjak dua tahun terakhir. M Sijabat, Direktur PT Toba Hijau Sinergi, menjelaskan bahwa Pabrik kelapa sawit (PKS) selain dapat mengolah Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit  menjadi minyak kelapa sawit kasar (crude palm oil, CPO) ternyata juga menghasilkan limbah biomassa dalam jumlah yang besar. Secara umum pada pengolahan 1 ton TBS akan menghasilkan limbah sebanyak 0.23 ton tandan kosong kelapa sawit (TKKS), 0.13 ton serabut (mesocarpfibre), 0.06 ton cangkang (palm shell), dan 0.65 ton limbah cair pabrik kelapa sawit (LCPKS).

“Saat ini, TKKS yang berasal dari pabrik sawit digunakan sebagai mulsa (kompos) di lahan perkebunan kelapa sawit. Walaupun bermanfaat terhadap tanaman kelapa sawit tetapi sebenarnya TKKS adalah biomassa yang dapat dimanfaatkan menjadi pelet/briket. Selanjutnya pelet/briket TKKS ini dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan dan terbarukan,” kata Sijabat dalam wawancara melalui email.

Sumber : sawitindonesia.com

1,093 total views, 3 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *