KALTIM MASIH BERGANTUNG DARI KOMODITI PERKEBUNAN

SAMARINDA – Pemerintah provinsi Kalimantan Timur meyakini pembangunan perkebunan menjadi tulang punggung dan sektor utama upaya transformasi ekonomi berbasis sumber daya alam (SDA) terbarukan. Hal itu bisa terwujud melalui peningkatan daya saing dan nilai tambah produk perkebunan.

Asisten Pemerintahan Setprov Kaltim Meiliana mengatakan, komoditi kelapa sawit merupakan komoditi unggulan yang diharapkan berperan menggerakan ekonomi Kaltim di masa mendatang, menggantikan peranan minyak dan gas serta batu bara yang lambat laun akan menipis dan habis.

“Salah satu program prioritas Gubernur Kaltim tahun 2008-2013 adalah program sejuta hektar kelapa sawit. Program ini dapat terealisir sesuai target,” ujarnya, dikutip Bisnis.com.

Menurutnya, keberhasilan program sejuta hektar kelapa sawit di Kaltim antara lain karena adanya dukungan sinergitas kelembagaan organisasi perangkat daerah yang ada di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Dalam RPJMD Kaltim telah dituangkan sasaran program sejuta hektar tahap kedua yang ingin diwujudkan pada tahun 2018. Keberhasilan program ini diyakini akan membawa ekonomi Kaltim semakin kuat, stabil dan berkeadilan menuju ekonomi hijau.

Sumber : INFOSAWIT.COM

1,406 total views, 2 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *