Keberadaan Veron Sawit Mempermudah Petani Sawit

Pelalawan – Kini para petani di Kabupaten Pelalawan merasa sangat terbantu dengan adanya tempat penampungan dan pembelian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit atau yang sering disebut dengan veron sawit. Khususnya di Kecamatan Ukui, yang kini telah berdiri veron sawit. sehingga masayarakat tidak disulitkan lagi untuk menjual buah sawitnya sendiri.
Veron sawit yang telah bersiri 5 bulan yang lalu dinilai menawarkan harga yang standar dan potongangnya hanya sebanyak 3 persen.
Ya, sejak berdirinya Veron pengumpul TBS kelapa sawit itu, perekonomian para petani kelapa sawit mulai membaik dan meningkat. Karena harga beli dinilai standar dengan pemotongan timbangan yang hanya 3 persen saja.
Hal ini tentu berdampak sangat baik bagi petani kelapa sawit. Dulunya, petani disulitkan dengan harga jual yang jauh dibawah standar oleh para cukong sawit, tapi sejak berdirinya veron ini sangat membantu petani.
“Kita berharap agar ada pendirian Veron lainnya di Kabupaten Pelalawan ini sehingga dapat membantu para petani sawit.” terang Rusli salah seorang petani sawit Kelurahan Ukui Kecamatan Ukui ketika dikonfirmasi Rabu (13/7/16) melalui via selulernya.
Sementara itu, pihak pengelola veron sawit Ukui Nanang Suhetmaja ketika dikonfirmasi mengatakan, bahwa telah menjadi komitmen pihaknya akan menawarkan harga beli yang standar serta pemotongan timbangan yang kecil. Aktifitas di veron, dalam sehari bisa mengumpulkan dan membeli buah kelapa sawit warga mencapai 70 ton per harinya.
Kata Nanang, soal harga pihaknya mengikuti perkembangan harga minyak dunia. Jika harga mengalami naik, tentunya akan  disesuaikan pula. artinya, harga terus kita sesuaikan dengan perkembangan minyak dunia.
“Kita berharap para petani sawit yang telah bermitra dengan kita menjadi sejahtera, dan itu adalah kebanggaan tersendiri bagi kami. Untuk harga beli kelapa sawit pada pekan ini adalah senilai Rp 1.200 per kilonya. Dan setiap terjadi kenaikkan harga kita selalu cantumkan dipapan pengumuman harga.”katanya (cr1)
Editor: Yudi Waldi
Sumber: Riaupos.co

1,226 total views, 2 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *