Kelapa Sawit Turunkan Pengangguran

TABALAR-Sektor perkebunan kelapa sawit masih primadona dikembangkan di wilayah pesisir Berau. Salah satunya di Kampung Harapan Maju, Kecamatan Tabalar. Menurut Kepala Kampung Harapan Maju, Agus, komoditas tersebut mampu meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan petani.

Geliatnya jauh melebihi komoditas lada, jagung dan kacang-kacangan. “Tetapi yang paling diminati yakni perkebunan kelapa sawit dan sekitar 50 persen masyarakat di sini (Harapan Maju) mengembangkan komoditi itu,” katanya kepada Berau Post, beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan, sektor perkebunan sawit saat ini merupakan swakelola atau milik pribadi masyarakat. Sebaliknya, belum ada satu pun perusahan yang masuk. “Biasanya, satu kepala keluarga ada yang menanam sekitar dua heaktare dan bahkan lebih,” jelasnya.

Berkaca pada hasil beberapa waktu terakhir, sektor perkebunan kelapa sawit  mampu mengurangi angka pengangguran di wilayah pedesaan. “Kami terus mengupayakan untuk meningkatkan hasil produksi masyarakat, yang diharapkan langsung berdampak pada petani,” sebutnya.  (*/jun/kpnn/riz)

Sumber : kaltim.prokal.co

Comments

comments

One thought on “Kelapa Sawit Turunkan Pengangguran

  • 26/08/2017 at 9:50 am
    Permalink

    Saya ingin memulai Bisnis Kelapa Sawit, baiknya apa yang perlu dipersiapkan paling awal ya? Mohon bantuannya 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *