Kualitas Petani Sawit Ditingkatkan

Penajam – Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memiliki potensi besar dalam pengembangan perkebunan kelapa sawit. Hal itu sangat didukung dengan kondisi geografis. Hal tersebut disampaikan Asisten Administrasi Umum Setkab PPU Alimuddin, pada pembukaan, pelatihan, dan pemberdayaan petani kelapa sawit, kemarin (19/9).

“Akhir-akhir ini semakin banyak masyarakat yang ingin berusaha membudidayakan kelapa sawit, baik dengan membuka lahan baru, maupun memperluas lahan perkebunan yang sudah ada. Daerah kita tentunya memiliki satu potensi baru dari beberapa unggulan yang berakibat datangnya para penanam modal, baik dari dalam maupun luar negeri,” ungkapnya.

Perkembangan kelapa sawit yang begitu pesat, menurutnya, menuntut peningkatan sumber daya manusia yang memadai. Untuk itulah, pemerintah daerah melalui instansi terkait terus berusaha meningkatkan kualitas, khususnya petani dan pelaku usaha sawit. Misalnya, memberikan penyuluhan dan mengadakan berbagai pelatihan.

Dengan kegiatan ini, Alimuddin berharap petani sawit mendapat pengetahuan baru agar menjadi cerdas dalam mengolah lahan. Termasuk mengembangkan inovasi-inovasi baru, seperti yang dilakukan Pemkab PPU melalui Perusda Benuo Taka yang bekerja sama dengan PT Bayu Lancar Unggul Engineering, berupa peluncuran program Kompor Rakyat.

“Kompor Rakyat menggunakan bahan bakar kelapa sawit. Tentunya lebih hemat daripada menggunakan bahan bakar elpiji atau minyak tanah. Saya berharap, inovasi ini dapat membantu masyarakat PPU, terutama dalam menyiasati harga bahan bakar yang tinggi,” tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, PPU telah mengembangkan program kelapa sawit yang terintegrasi dengan perternakan sapi. Bahkan, beberapa bulan lalu, PPU dikunjungi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

“Pelatihan budi daya kelapa sawit bagi kelompok tani yang diselenggarakan ini, selain dapat menambah pengetahuan dalam budi daya, juga sebagai media untuk bersilaturahmi antarpetani, pelaku usaha, dan pemerintah daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Rina Shintawati Asra menyebut, kegiatan serupa telah dilangsungkan dua kali.  “Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman berkomitmen memajukan perkebunan kelapa sawit,” jelasnya.(hms8/hms13/ica/k16)

Sumber: prokal.co

1,298 total views, 2 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *