Lahan Alokasi Sawit Belum Terpenuhi

Samarinda – Wilayah Kaltim dianggap pas untuk pengembangan lahan pertanian kelapa sawit. Sepanjang peruntukan lahannya memang untuk perkebunan. Hanya saja, dari lahan yang sudah dialokasikan untuk perkebunan kelapa sawit di Kaltim, ternyata yang termanfaatkan belum memenuhi 50 persen.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim Ujang Rachmad mengatakan, lahan kelapa sawit yang sudah dialokasikan per kabupaten kota untuk perkebunan dalam tata ruang sebesar 3,2 juta hektare. “Baru terpenuhi (dimanfaatkan, Red) 1,1 juta hektare lahan kelapa sawit di Kaltim,” ucapnya kepada Kaltim Post Selasa (11/10).

Dia mengatakan, belum termanfaatkannya lahan yang dialokasikan karena terkait masih minimnya investasi. Namun, lanjut dia, memang 3,2 juta hektare tidak berarti semua bisa ditanami kelapa sawit. Harus ada daerahhigh conservation value (HCV) yang dilindungi. “Realisasi investasi dan percepatan penanaman pada izin yang telah diberikan, itu juga harus dilakukan,” ucapnya.

Menurutnya, lahan itu tidak menjadi masalah, yang terpenting produksi sawit yang dihasilkan bukan luas lahannya. Produksi bisa diperoleh dengan meningkatkan produktivitas per hektare. “Target lahan sawit kami hanya 2 juta hektare pada 2018,” ucapnya.

Dia mengatakan, pada dasarnya memang sawit sangat potensial dikembangkan di mana saja. Namun, lahan sawit di Kaltim sudah tidak bisa bertambah dengan kecepatan pada awal pengembangan lahan sawit. “Tetap akan bertambah lahan sawit sesuai target, tapi tidak bisa secepat dahulu karena kendala investasi dan lain-lain tersebut,” tuturnya.

Data hasil produksi sawit juga dianggap sudah tumbuh dengan baik. Lahan sawit juga terus berkembang pada 2013 lahan sawit 944.826 hektare, pada 2014 menjadi 1.020.413 hektare, memasuki 2015 bertambah lagi menjadi 1.090.106 hektare. Dengan total produksi yang sekarang sudah mencapai 17.390 kilogram per hektare. Data 2015 mencatat lahan yang paling banyak memproduksi kelapa sawit masih di Kutai Timur sebanyak 22.573 kilogram per hektare dengan luas lahan 424.311 hektare. “Lahan sawit masih akan ditingkatkan lagi sampai memenuhi target alokasi lahan di setiap daerah di Kaltim,” ucapnya. (*/ctr/lhl/k15)

Sumber: kaltim.prokal.co

1,590 total views, 2 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *