Pengusaha Sawit Minta Dibangun Pelabuhan CPO

KUALASIMPANG – Pihak pengusaha perkebunan sawit dan pemilik Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang memproduksi Crude Palm Oil (CPO) di Aceh Tamiang, meminta pemerintah membangun pelabuhan CPO berstandar internasional untuk wilayah timur Aceh, untuk memudahkan ekspor CPO dan produk turunannya, langsung ke negara pembeli.

“Karena selama ini, mereka harus mengeluarkan biaya tinggi untuk mengangkut CPO ke Pelabuhan Belawan, ditambah lagi waktu antrean kapal yang cukup lama,” kata Kadis Kehutanan dan Perkebunan Aceh Tamiang, Al Fuadi, Selasa (25/7), yang memaparkan hasil rapat bersama perusahaan pemegang HGU dan PKS di Tamiang, beberapa hari lalu.

Rapat sinkronisasi program antara Pemkab dengan perusahaan perkebunan di Tamiang ini juga melahirkan komitmen dari pihak perusahaan untuk menampung buah sawit milik rakyat untuk diolah di PKS yang ada di Aceh Tamiang. Kemudian, produk yang dihasilan berupa CPO akan disuplai sebagai bahan baku industri turunan yang rencananya akan dibangun sejumlah investor di kabupaten ini.

Upaya ini juga diharapkan dapat mendorong sektor usaha dalam mendukung pertumbuhan ekonomi menghadapi pasar bebas ASEAN, khususnya untuk wilayah timur Aceh.

Kepala Dishutbun Aceh Tamiang, Al Fuadi, berharap keinginan perusahaan perkebunan sawit PKS ini bisa disahuti Pemerintah Aceh, karena pembangunan pelabuhan berskala internasional ini tak mungkin dilakukan sendiri oleh Pemkab Aceh Tamiang.

Pembangunan sarana pendukung ini juga diharapkan bisa menarik investor untuk membangun industri turunan CPO di daerah ini, mengingat besarnya potensi yang bisa digarap dari hasil panen sawit di kabupaten ini.

“Saat ini, potensi areal kebun sawit di Aceh Tamiang mencapai 45.678,7 Hektare (Ha). Kami juga akan mengawal komitmen perusahaan ini, sehingga memberi manfaat lebih besar bagi masyarakat dan daerah,” tambah Fuadi.

Karena menurutnya, jika ini komitmen ini terealisasi akan berpengaruh besar terhadap sektor perkebunan rakyat, dan akan meningkatkan gairah petani dalam melakukan budi daya tanaman perkebunan lainnya di samping kelapa sawit, yang akhirnya mampu mendorong perekonomian rakyat.(md)

Editor: bakri

867 total views, 3 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *