Perlu Kelembagaan Petani agar Harga TBS Stabil

Haluan – Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Sum­bar, Irman memberikan solusi atas sering anjloknya harga Harga tandan buah segar (TBS) sawit di Pesisir Selatan (Pes­sel). Menurutnya, agar harga TBS di tingkat petani bisa bersaing adalah dengan men­datangkan investor pengelola kelapa sawit yang berorientasi pada petani mandiri.

Selain itu, membentuk kelembagaan petani, Irman yang dihubungiHaluan, Ming­gu (28/8), me­ngu­tara­kan, dengan adanya kelem­bagaan, petani bisa bekerja sama dengan perusahaan pe­nge­lola kelapa sawit sehingga harga TBS tidak mudah an­jlok. Dalam kerja sama itu akan ada penetapan harga setiap periodenya.

Saat ini harga TBS di Pessel Rp1.050 per kilogram (kg). Sejak beberapa bulan terakhir, harga TSB di kabupaten itu Rp600 per kg.

Armen (48), pengepul sawit di Kecamatan Lenga­yang mengatakan, petani merasa lega dengan naiknya harga TBS tersebut. Sebe­lumnya, saat harga TBS tu­run, petani sawit kesulitan memenuhi kebutuhan hidup karena mayoritas petani ha­nya bekerja sebagai petani sawit. Ia menyampaikan, para petani sawit berharap harga TBS terus meningkat.

Sementara itu, Dedi (42), petani sawit di Ke­ca­ma­tan Sutera mengatakan, naiknya harga TBS di Pessel saat ini karena sedikitnya hasil panen dari petani. Kalau hasil panen banyak, harga TBS turun drastic.

“Biasanya kalau saya pa­nen, setiap hektare kebun sawit bisa menghasilkan 1, 1,5, hing­ga 2 ton TBS. Namun, kini produksi TBS sangat menurun, yakni 1 ton, bahkan kurang,” ujar Dedi yang mengaku pu­nyai 5 hektare ladang sawit di Kecamatan Lunang-Silaut.

Ia juga berharap harga TBS relatif stabil sehingga bisa diandalkan untuk menopang ekonomi keluarga. Ia berharap harga TBS tidak murah saat jumlah TBS banyak dan tidak pula harga naik ketika jumlah TBS sedikit.

“Yang sedih itu itu men­jelang Idulfitri atau Idul­adha, saat harga kebutuhan pokok naik, harga TBS malah turun. Hal itu hampir terjadi setiap tahunnya,” katanya. (h/mg-kis)

Sumber: Harianhaluan.com

649 total views, 2 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *