Petani Sawit Harus Cerdas dan Mampu Berinovasi

Penajam – Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten  Penajam Paser Utara (PPU), Alimuddinmembuka  Pelatihan dan Pemberdayaan Petani Kelapa Sawit, di Hotel Kalimantan, Penajam, Senin (19/9/2016).

Menurutnya, kelapa sawit merupakan tanaman yang mempunyai prospek ekonomi yang menjanjikan jika dikelola dengan benar, apalagi daerah ini mempunyai kondisi geografis yang sangat menunjang untuk membudidayakan kelapa sawit.

“Akhirakhir ini semakin banyaknya masyarakat yang ingin berusaha untuk membudidayakan kelapa sawit baik dengan membuka lahan baru maupun memperluas lahan perkebunan yang sudah ada. Hal ini daerah kitatentunya akan memiliki satu potensi baru dari beberapa potensi unggulan yang akan berakibat datangnya para penanam modal baik dari dalam maupun luar negeri,” jelasnya

Menurutnya, perkembangan kelapa sawit yang begitu pesat di daerah ini  sehingga dituntut SDM yang memadai. Untuk itu, pemerintah daerah melalui dinas terkait terus berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM),  khususnya bagi para petani dan pelaku usaha tani sawit dengan cara memberikan penyuluhan dan mengadakan berbagai pelatihan budidaya sawit, seperti kegiatan yang diselenggarakan pada kesempatan tersebut.

Untuk itu,  Alimuddin berharap petani sawit mendapat pengetahuan baru agar menjadi cerdas mengolah lahan sawitnya dan dapat mengembangkan inovasi-inovasi baru, seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten PPU melalui Perusda Benuo Taka yang bekerja sama dengan PT. Bayu Lancar Unggul Enginering telah meluncurkan inovasi baru tepat guna yang berbentuk kompor rakyat.

“Kompor rakyat ini menggunakan bahan bakar kelapa sawit yang tentunya lebih hemat dari pada menggunakan bahan bakar LPG atau minyak tanah. Saya berharap inovasi ini dapat membantu masyarakat PPU terutama dalam menyiasati harga bahan bakar yang sering mengalami kelangkaan,” tambahnya.

Selain itu lanjutnya, di wilayah  PPU, kurang lebih dua tahun terakhir ini telah mengembangkan program kelapa sawit yang terintegrasi dengan sapi dan pada bulan yang lalu mendapat kunjungan dari Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Pelatihan budidaya kelapa sawit bagi kelompok tani yang diselenggarakan ini, selain dapatmenambah pengetahuan para petani dalam membudidayakan kelapa sawit di daerah ini, juga sebagai media untuk bersilaturahmi antar petani, pelaku usaha tani dan Pemerintah Daerah.

“Saya menyambut baik kegiatan pelatihan budidaya kelapa sawit bagi kelompok tani ini. mengingat begitu pentingnya kegiatan ini, saya berharap kepada peserta untuk benar-benar memperhatikan semua hal yang disampaikan oleh narasumber, pahami semua materi yang disampaikan, jika ada hal yang belum jelas jangan malu untuk bertannya, perbanyaklah dialog tentang narasumber tentang berbagai masalah yang selama ini saudara alami dalam membudidayakan kelapa sawit,” ujarnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Pertanian Unmul Rina Shintawati Asra menyebut, kegitan serupa sebelumnya sudah pernah berlangsung dua kali dan  untuk kali ini diharapkan berjalan sukses. Ia menyampaikan apresiasi kepada pihak penyelenggara karena telah memberikan kesempatan kepada petani untuk mendapatkan materi pada pelatihan ini.(advertorial/humas8/humas 13)

Sumber: tribunnews.com

822 total views, 2 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *