Petani Sawit Menanti Replanting

TANA PASER – Anggota Komisi III DPRD Paser Nor Asih, menagih janji pemerintah yang menyatakan segera merevitalisasi perkebunan kelapa sawit. Terutama untuk  “Para petani kini hanya tinggal menunggu administrasi, namun tak kunjung rampung. Untuk pelaksanaan di lapangan, para petani sudah siap semua,” kata politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Nur Asih menuturkan, para petani banyak mengeluhkan berkurangnya hasil perkebunan akibat umur pohon kelapa sawit yang tua. Kelapa sawit itu harus dilakukan replanting atau penanaman kembali.

Mengenai perkembangan pertanian lainnya, menurut Nur Asih, Paser selalu disebut-sebut sebagai salah satu potensi lumbung besar di Provinsi Kaltim. Namun kini, masalah kelangkaan pupuk masih dikeluhkan para petani. Untuk itu, pemerintah diharapkan mampu mengatasi permasalahan klasik dimaksud. Tak hanya pupuk, minimnya ketersediaan irigasi juga diduga menjadi salah satu penyebab.

“Banyak lahan sawah di Paser ini yang hanya bergantung pada musim hujan, sehingga pada saat kemarau pasti kekurangan air. Apalagi dengan luasnya lahan, sulit hanya mengharapkan bantuan dari dana APBD,” pungkasnya. (*/jib/san/k16)

Sumber: Prokal.co

434 total views, 2 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *