PRODUKSI TBS KALTIM DIPREDIKSI CAPAI 14 JUTA TON

SAMARINDA – Dinas Perkebunan Kaltim mencatat, produksi TBS Kaltim pada 2011 lalu di posisi 4 juta ton. Tahun berikutnya, naik menjadi 5,2 juta ton, dan menembus angka 6,9 juta ton pada 2013.

Dua tahun setelahnya, posisi produksi TBS terus naik, mencapai 9,6 dan 10,8 juta ton. Tahun ini sudah menyentuh 9 juta ton per Agustus lalu. Diperkirakan, tingkat produksi hingga akhir tahun 2016 ini mencapai kisaran 14 juta ton, merujuk prediksi tim Riset Kaltim Post.

Kepala Bidang Perlindungan Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim Henny Herdiyanto mengatakan, saat ini sudah terdapat 68 pabrik sawit di Kaltim. Setiap tahun, produktivitas sawit terus meningkat di Kaltim.

Dari jumlah produksi TBS itu, terdapat limbah kering berupa tandan kosong, dan limbah cair. Dua limbah itu yang kerap diinginkan untuk menjadi pembangkit tenaga listrik.

Namun, dari berbagai analisis, limbah cair dianggap lebih berpotensi dijadikan energi alternatif pembangkit listrik. Sebab stoknya yang lebih banyak ketimbang limbah kering.

Dari rata-rata limbah industri sawit di Kaltim, komposisi limbah cair mencapai 65 persen, sementara tandan kosong sekira 22 persen. Jika pada tahun lalu produksi TBS Kaltim 10 juta ton bisa menghasilkan limbah cair 6,5 juta ton dan 2,2 juta ton tandan kosong, maka tahun ini diyakini lebih banyak lagi

Sumber : INFOSAWIT.COM

992 total views, 3 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *