Produsen Kelapa Sawit Antisipasi Curah Hujan Tinggi

JAKARTA – Cuaca merupakan faktor penting untuk bisnis perkebunan seperti kelapa sawit. Pengalaman buruk saat terjadi musim kemarau panjang atau El Nino tahun 2015 lalu membuat produksi kelapa sawit tahun 2016 anjlok. Faktor cuaca ini juga yang coba diantisipasi para perusahaan produsen kelapa sawit ketika musim hujan datang di awal tahun 2017. Meskipun, tak akan mempengaruhi volume produksi, tapi intensitas hujan yang melanda sejumlah kebun sawit saat ini berpotensi menurunkan kualitas produksi Tandan Buah Segar (TBS) mereka.

Michael Kesuma, Head of Investor Relaton PT Sampoerna Agro Tbk mengatakan, curah hujan tinggi tidak berpengaruh signifikan terhadap volume produksi Tandan Buah Segar (TBS) perusahaan. “Volume produksi kami masih cukup tinggi, meskipun sudah memasuki musim penurunan panen,” tuturnya kepada KONTAN, Senin (27/2). Michael mengatakan, emiten berkode SGRO ini menyiapkan sejumlah strategi menghadapi musim hujan yang lebat saat ini.

Pertama, memperbaiki akses jalan di sekitar kebun sawit yang rusak akibat tergerus hujan. Maklum, jika akses jalan dibiarkan rusak, hasil panen tak bisa diangkut dan menyebabkan perusahaan akan merugi. Kedua, meningkatkan koordinasi antara kebun dan pabrik yang terkait dengan kegiatan panen. Ketiga, kegiatan pemeliharaan juga terus ditingkatkan untuk memaksimalkan produktivitas.

Produsen kelapa sawit lainnya, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ), juga mewaspadai cuaca hujan saat ini. Direktur Keuangan ANJ Lucas Kurniawan menjelaskan, curah hujan tinggi bisa menurunkan produksi, meski dalam jumlah yang minim. “Produksi bisa kembali normal setelah cuaca kering nanti,” tutumya.

Lucas mengungkapkan, hujan berpengaruh terhadap proses panen. Sebab, hujan cenderung menghambat proses panen dan mengganggu infrastruktur perkebunan. OIeh karena itu, perusahaan ini akan mengoptimalkan pemeliharaan infrastruktur kebun, seperti jalan, jembatan, alat berat, serta pengelolaan air untuk mengantisipasi potensi banjir. “Intinya ada pengelolaan dan pemantauan,” kata Lucas.

ANJ menargetkan hasil produksi minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) tahun 2017 ini sebanvak 213.082 ton.

Sumber : Kontan

1,385 total views, 2 views today

Comments

comments

One thought on “Produsen Kelapa Sawit Antisipasi Curah Hujan Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *