Riau Dianggap Berhasil

PEKANBARU – Pemerintah menetapkan Provinsi Riau sebagai contoh yang berhasil dalam pengelolaan kebun kelapa sawit untuk kesejahteraan dan peningkatan ekonomi setempat. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian perdagangan Djatmiko Bris Witjaksono mengatakan Riau sudah lebih maju dalam mengelola perkebunan kelapa sawit di Tanah Air.

“Dibandingkan dengan daerah lainnya, Riau lebih maju sehingga dijadikan percontohan secara nasional,” katanya dalam focus group discussion bertema Strategi Pengembangan Ekspor dan Rantai Nilai Sustainable Palm Oil di Pekanbaru Senin (27/2).

Data Pemprov Riau pada 2015 menunjukkan daerah itu merupakan sentra produksi sawit dan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) skala nasional dengan kontribusi sebesar 60% produksi tandan buah segar (TBS) dan CPO.

Total produksi TBS di Riau mencapai 31,5 juta ton, dan CPO sebanyak 6,5 iuta ton sepanjang 2015. Luas lahan perkebunan sawit mencapai 3 juta hektar dengan 50% penguasaan dimiliki oleh petani kelapa sawit mandiri atau nonkorporasi.

Oleh karena itu, pemerintah bersama seluruh pihak yang berkepentingan seperti asosiasi pengusaha hingga pemerintah daerah, menunjukkan dukungan pada pengembangan bisnis kelapa sawit. Salah satu bentuk dukungan itu, katanya, yaitu mengundang duta besar, konsulat jenderal, hingga pelaku bisnis yang berkaitan dengan kelapa sawit, untuk melihat langsung proses pengelolaan industri kelapa sawit berkelanjutan di Riau.

Dengan langkah itu, pemerintah dan pelaku usaha memiliki satu pandangan yang sama dalam melakukan promosi dan sosialisasi industri kelapa sawit nasional di luar negeri. Selain itu, upaya tersebut dapat mendorong peningkatan penetrasi produk industri kelapa sawit di pasar global. “Indonesia bisa menjadi pemain utama pasar CPO di tingkat global, dengan pemahaman yang benar dan jelas, sehingga informasi yang sampai tidak salah,” katanya.

Ketua Umum Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia Bayu Krisnamurthi yang juga mantan Dirut BPDP KeIapa Sawit mengatakan, sebelumnya lembaga itu sudah menyiapkan sejumlah strategi mendorong peningkatan industri sawit. (Arif Gunawan)

 

Sumber : Bisnis Indonesia

2,502 total views, 2 views today

Comments

comments

One thought on “Riau Dianggap Berhasil

  • 26/08/2017 at 9:50 am
    Permalink

    Saya ingin memulai Bisnis Kelapa Sawit, baiknya apa yang perlu dipersiapkan paling awal ya? Mohon bantuannya 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *