Riau: Usai Lebaran, Harga TBS Masih Turun

Perawang – Usai Idul Fitri, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit masih belum merangkak naik. Saat ini harga buah kelapa sawit  masih berkisar  Rp1.000 sampai Rp1.180 per kilogram  di tingkat petani swadaya.

Petani sangat berharap usai Idul Fitri harga buah kelapa sawit  dapat kembali naik. “Sampai saat ini harga buah sawit masih tetap rendah, belum menunjukan kenaikan, masih sama saat menjelang Idul Fitri,” ujar petani sawit di Buatan, Adi.

Dia mengatakan harga buah kelapa sawit masih tetap sama sepekan sebelumnya, belum ada perubahan harga. Saat ini, petani masih banyak yang belum memanen sawit karena masih dalam suasana Idul Fitri, apalagi harga masih sama dengan harga sebelum Idul Fitri.

Dirinya berharap agar turunnya harga buah kelapa sawit tidak lama, karena hasil panen kini jauh menurun, sehingga hasil jual tidak seperti yang diharapkan petani.

Hal senada juga disampaikan Samijo. Menurutnya, hasil jual buah kelapa sawit saat ini tidak bisa lagi mencukupi biaya produksi seperti pemeliharaan, membeli pupuk dan biaya memanen. “Harga buah sawit kini turun lagi, sementara hasil panen jauh menurun, salah satu penyebabkan kondisi iklim saat ini sangat mempergaruhi buah sawit. Kami sebagai petani sangat berharap harga naik,” harapnya.(wik)

Sumber: Riaupos.com

392 total views, 2 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *