SDM Kunci Keberhasilan Pengelolaan Kebun Sawit

Landak – Hingga saat ini perkebunan kelapa sawit di Indonesia sebagai yang terluas di dunia, dengan sekitar 11 juta hektare yang terdiri dari perusahaan BUMN, swasta, dan rakyat. Tapi secara umum kondisi perkebunan belum menggembirakan.

Maka dari itu untuk memajukan perkebunan kelapa sawitkhususnya di Landak, Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Medan melaksanakan pelatihan peremajaan tanaman kelapasawit bagi petani pada 13-17 Oktober 2016.

Kegiatan pelatihan itu sendiri bekerjasama dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), dan difasilitasi penuh oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS) Kementrian Keuangan Republik Indonesia (RI).

“Jadi salah satu permasalahan yang dihadapi adalah, masih rendahnya tingkat pemahaman kompetensi dalam pengelolaan kebun kelapa sawit,” ujar Pengelola Program Pelatihan LPP Medan, Sulthon Parinduri saat penutupan pada Senin (17/10/2016).

Lanjutnya lagi, dengan kondisi perkebunan kelapa sawit secara umum yang masih belum menggembirakan mulai dari aspek produksi, managemen, SDM, kelembagaan, mau pun permodalan. Perlu adanya program yang terpadu, untuk memberdayakan perkebunan sawit.

“Tentunya agar dapat menjadi kekuatan ekonomi, dan pendorong pengembangan wilayah pedesaan. Karena salah satu faktor penting kunci keberhasilan pengelolaan perkebunan kelapa sawit adalah SDM,” ungkap Sulthon.

Dijelaskannya lagi, SDM yang merupakan kunci keberhasilan perkebunan kelapa sawit tersebut baik bagi pemilik mau pun yang akan terjun dan berkiprah dalam industri kelapa sawit.

“SDM perkebunan kelapa sawit perlu memiliki kemampuan yang memadai dalam aspek teknologi mau pun managemen kebun kelapa sawit, khususnya SDM yang memasuki industri kelapasawit,” pungkasnya.

Penulis: Alfons Pardosi
Editor: Mirna Tribun
Sumber: Tribun Pontianak

428 total views, 6 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *