SEKTOR INI PALING COCOK DIJADIKAN ANDALAN, WUJUD PEMBANGUNAN EKONOMI HIJAU

SAMARINDA – Joni, kandidat doktor di Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman (Unmul), mengatakan sawit bakal menjadi tumpuan perekonomian Kaltim. Terlebih, Kaltim sudah mendeklarasikan pembangunan ekonomi hijau.

“Memang sawit yang paling tepat. Karena apa, hanya tiga tahun sudah bisa dipanen. Sawit juga bisa dikombinasikan dengan tanaman hutan lainnya,” kata Joni.

Sawit, bagi Joni, merupakan pilihan ekonomi hijau paling realistis saat ini. Dibanding dengan sektor usaha lainnya yang tak ramah lingkungan.

“Kalau hutan tanaman, memang secara lingkungan bagus. Tapi panennya kapan. Sementara masyarakat harus punya penghasilan,” katanya lagi.

Lagi pula, perkebunan sawit sudah memiliki aturan ketat mengenai lingkungan.

“Lokasi yang dekat dengan sungai tak boleh ditanami. Kita juga harus menyisakan sebagian areal untuk konservasi. Jadi tidak ditanami semua,” jelasnya.

Pembangunan ekonomi, menurut Joni, pada saatnya akan berbenturan dengan lingkungan.

“Itu pasti (benturan). Hanya kita cari yang paling realistis. Sawit merupakan yang paling rasional saat ini,” katanya lagi.

Soal rusaknya daya dukung lingkungan akibat konversi hutan menjadi kebun sawit, menurut Joni, harus diteliti lebih lanjut.

Joni yakin, pemerintah sudah melakukan kajian sebelum menerbitkan izin perkebunan.

“Isu lingkungan kerap dibenturkan dengan sawit. Tapi kita harus yakin, pemerintah pasti punya dasar kuat sebelum memberikan izin. Terbitnya izin itu panjang dan melibatkan banyak pihak dengan beragam keahlian. Ada ekonomi, lingkungan, sosial dan sebagainya. Jadi, pasti sudah dipertimbangkan baik buruknya,” tutur Joni.

Pernyataan Joni, didukung Dosen Fakultas Kehutanan Unmul, Prof Daddy Ruchiyat.

Menurut Daddy, Kaltim perlahan bertransformasi dari mengandalkan sektor ekonomi berbasis sumber alam, menjadi ekonomi hijau yang terbarukan.

“Suka atau tidak, sawit akan jadi andalan. Makanya, Pemprov membangun kawasan industri di Maloy untuk pengembangan industri,” tutur Daddy.

Sumber : kaltim.tribunnews.com

2,617 total views, 4 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *