Tandan Kosong Sawit Sebagai Media Tanam Jamur Merang

Kelapa sawit mempunyai banyak manfaat dari batang sampai tandan buah yang sudah menjadi limbah. Kebanyakan orang berasumsi bahawa “ limbah ”adalah sesuatu yang kotor, beracun, tidak mempunyai nilai jual yang tinggi  apalagi untuk mengkonsumsinya pasti hal yang sangat mustahil. Sehingga mitos ini harus diubah karena dengan penanggulangan yang baik dan penerapan manfaat dari limbah dapat meningkatkan nilai jual tinggi bahkan beraneka ragam produk, salah satunya jamur sawit dapat diolah menjadi krispy jamur kelapa sawit.

Hal ini membuktikan bahwa limbah yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi bagi masyarakat karena dengan jamur kelapa sawit ternyata kaya akan manfaat bagi kesehatan. Sehingga masyarakat di Kalimantan Tengah berinovasi mengembangkan produk jamur kelapa sawit tentang memanfaatkan tandan kosong ( janjangan kosong) dijadikan sebagai media budidaya jamur merang (volvariella volvaceae) untuk menambah penghasilan, dan ternyata  inovasi  jamur  kelapa sawit ini mendapatkan respon yang baik bagi  masyarakat sekitar karena banyak  masyarakat yang menyukai jamur tersebut, selain dibuat krispy jamur ini juga dapat ditumis, sop maupun dibening.

Jamur kelapasawit dengan media tandan kosong tersebut ditinjau dari segi kesehatan jamur merang sangat baik dikonsumsi bagi masyarakat  karena jamur ini memiliki kandungan protein yang  tinggi dibandingkan beras dan gandum. Serat jamur sangat baik untuk pencernaan  sehingga cocok untuk para pelaku diet. Teknik budidaya jamur merang dengan media tandan kosong tergolong mudah karena waktu relatif singkat dan biaya yang minim.(meliana lestari)

Disunting dari Hipwee.com

1,279 total views, 2 views today

Comments

comments

2 thoughts on “Tandan Kosong Sawit Sebagai Media Tanam Jamur Merang

  • 19/06/2017 at 4:27 pm
    Permalink

    terima kasih telah berbagi berita Mas, betah sekali membaca tulisan-tulisan disini, saya merasa bertambah wawasan semoga selalu di beri kesehatan dan sukses selalu..

    Reply
  • 19/06/2017 at 4:32 pm
    Permalink

    terima kasih telah berbagi berita Mas, betah sekali membaca tulisan-tulisan disini, jadi tambah wawasan.. semoga yang mengeleloa blog ini selalu di berikan kesehatan..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *