Walikota Dumai Dukung Program Pemprov Riau Gerakan Tanam Serentak Bibit Kelapa Sawit

DUMAI, – Gerak Tanam Serentak Bibit Kelapa Sawit Program Pemerintah Propinsi Riau melalui Dinas Perkebunan Propinsi Riau disambut baik serta mendapat dukungan oleh Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS, M.Si, sebab program Pemprop Riau tersebut diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat petani kebun kelapa sawit di Kota Dumai.

Hal ini tentunya akan berdampak baik bagi petani kebun kelapa sawit karena program tersebut diperuntukkan khusus perkebunan masyarakat yang tergabung dalam usaha perkebunan kelompok tani, dan pelaksanaan kegiatan program tersebut tepatnya dijalan Suka Ramai Ujung Kecamatan Bukit Kapur pada hari Jum’at 15/12/2016.

Kegiatan Gerak Tanam Serentak Bibit Kelapa Sawit diawali dengan sambutan Kepala Dinas Perkebunan Propinsi Riau Ir. H. Ferry HC Ernaputra. M.si. mengatakan, Himbauan kepada para petani agar sebelum menentukan keputusan dibidang perkebunan kelapa sawit, terlebih dahulu melakukan persiapan yang matang mulai dari pembibitan hingga kemasa panen, yakni pemilihan bibit sawit yang bener2 berkualitas.

Hasil peninjauan yang dilakukan oleh Dinas Perkebunan Proponsi Riau, sebelumnya banyak petani sawit yang menggunakan bibit sapuan tidak berkualitas baik, tidak original, sehingga hasil panen tidak memuaskan.

Kegiatan Gerak Tanam Serentak Bibit Kelapa Sawit ini tidak hanya serimonial saja tetapi pihak Dinas Perkebunan Propinsi Riau  dan Dinas pertanian, Perkebunan Kota Dumai terus akan melakukan pengawasan terhadap kelompok tani tersebut mulai dari penanaman bibit hingga kemasa panen.

Adapun program Pemprop Riau yang diberikan kepada kelompok tani masyarakat Kecamatan Bukit K

apur jalan Suka Ramai adalah berupa Bibit sawit serta sarana produksi lainya untuk kapasitas lahan 50 H, dan Bibit karet serta sarana produksi lainya untuk kapasitas lahan 25 H, 1 (satu) unit mesin jetor dorong sebagai sarana pengolahan lahan tanaman jangka pendek sehingga kelompok tani tarsebut tetap beraktivitas dan berpenghasilan menjelang masa panen kelapa sawit dan karet tiba.

Dalam hal ini Walikota Dumai Drs. Zulkifli AS. M.Si mengatakan, upaya-upaya pemerintah dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat khususnya Kota Dumai terus dilakukan baik dibidang pertanian, perkebunan, perdagangan maupun industri rumah tangga.

Hal ini menyangkut visi dan misi Kota Dumai yakni “Mewujudkan Kota Dumai Menuju Masyarakat Makmur dan Madani” namun itu semua tak lepas dari dukungan berbagai pihak serta eleman masyarakat Kota Dumai salah satunya dengan cara membuktikan keseriusan kelompok tani jalan sukaramai kecamatan bukit kapur dalam memanfaatkan, mengolah sebaik-baiknya apa yang telah diberikan pemerintah sehingga nantinya dapat berkelanjutan kepada kelompok-kelompok tani yang lain di Kota Dumai.

Masih dalam sambutan wako, beberapa hari yang lalu tepatnya Selasa 13 Desember 2016, kelompok tani di kelurahan tanjung penyebal kecamatan sungai sembilan telah berhasil memanfaatkan lahan gambut menjadi lahan pertanian cabai dan jagung manis masing-masing sekitar 10 H. Dengan hasil panen cukup bagus untuk cabai masa panen ke 8 (delapan) sudah mencapai 16 ton, ini merupakan inovasi yang luar biasa.

Harapan wako kedepan, agar peningkatan disektor pertanian dan perkebunan yang ada di Kota Dumai menjadi labih baik, tingkatkan sosialisasi serta pelayanan penyuluh pertanian kepada masyarakat kelompok tani Kota Dumai khususnya, semoga apa yang kita cita-citakan dapat terwujud, sehingga nantinya dapat dinikmati anak cucu kita semua dikemudian hari. Ungkap wako. (hen/hms/*).

Sumber : riauone.com

1,925 total views, 2 views today

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *